Senin, 20 Juli 2015

DAMPAK PERUMAHAN BAGI KEHIDUPAN MASYARAKAT


Akhir-akhir ini pembangunan perumahan semakin meningkat di setiap kota besar di Indonesia. Tidak saja di kota besar, di kota-kota yang berstatus sebagai kota ‘kecil’ pun pembangunan perumahan semakin meningkat, hingga meluas ke desa-desa yang berdekatan dengan perkotaan. Tentu saja meningkatnya pembangunan perumahan ini membawa dampak yang langsung dirasakan oleh masyarakat yang berada di sekitarnya. Sebagian masyarakat berpendapat bahwa meningkatnya pembangunan perumahan juga ikut meningkatkan taraf hidup masyarakat, sebagian yang lain berpendapat bahwa meningkatnya pembangunan perumahan tidak membawa dampak apa-apa bagi masyarakat, sedangkan yang lain berpendapat bahwa meningkatnya pembangunan perumahan malah membawa dampak negative bagi perkembangan kehidupan masyarakat.
Penomena meningkatnya jumlah perumahan tentu saja tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal yang layak. Menteri Negara Perumahan Rakyat (MENPERA) memang belum bisa memberikan angka pasti kebutuhan rumah bagi masyarakat Insonesia, namun Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan bahwa angka perumahan yang dibutuhkan masyarakat Indonesia adalah sekitar 13 juta unit rumah. Sekitar 22 %  penduduk Indonesia masih tinggal di rumah-rumah ilegal, rumah kontrakan, dan tinggal di rumah mertua. Angka kebutuhan yang begitu tinggi ini menjadi salah satu pemicu meningkatnya pembangunan perumahan.
Selain karena kebutuhan akan rumah yang layak yang begitu tinggi, kepentingan para pengusaha dan pebisnis juga menjadi pemicu tingginya tingkat pembangunan perumahan. Seringkali para pebisnis mengiklankan perumahan-perumahan yang menjadi ‘jualan’ mereka kepada kalangan yang sudah memiliki rumah. Kebanyakan pebisnis hanya berorientasi pada lakunya ‘jualan’ yang mereka jajakan, tidak peduli dampak apa yang akan terjadi di kemudian hari. Maka tidak heran jika banyak di perumahan-perumahan kita dapatkan rumah yang pemiliknya ada, namun penghuninya tiada.
Suburnya pertumbuhan perumahan tentunya akan membawa dampak bagi masyarakat yang berada di dalamnya dan masyarakat yang berada di sekitarnya. Hal ini tidak bisa dihindari, karena setiap kemajuan yang diciptakan manusia selalu memiliki dua sisi, sisi manfaat dan sisi mudharat.
Sedikit-banyak tentu perumahan membawa efek positif bagi masyarakat yang tinggal di dalamnya dan masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Bagi masyarakat yang tinggal di dalamnya, akan mendapatkan hunian yang tenang, bersih dan nyaman. Hak privasi masyarakat yang tinggal di dalamnnya lebih terjaga. Jika bisa dimanage sedikit saja, maka perumahan akan menciptakan masyarakat heterogen yang melengkapi satu dan yang lainnya. Suasana kondusif perumahan juga baik bagi tumbuh kembangnya anak-anak. Selain itu semua, tentu perumahan menawarkan keamanan yang lebih kepada masyarakat yang memilih untuk tinggal di dalamnya.
Bagi masyarakat yang tinggal di sekitar perumahan tentu juga akan mendapatkan manfaat. Dengan dibangunnya perumahan, tentu dagangan masyarakat yang dekat dengan perumahan akan semakin banyak peminat. Terbukanya lapangan kerja bagi sekitar perumahan, seperti menjadi Satpam perumahan, Pembantu rumah tangga, Tukang kebun dan yang lainnya. Selain itu, warga perumahan yang biasanya orang-orang terdidik akan menularkan pengetahuan-pengetahuan mereka kepada masyarakat yang tinggal di sekitar perumahan. Maka terjadilah proses simbiosis mutualisme antara masyarakat yang tinggal di perumahan dan masyarakat yang tinggal di sekitar perumahan.
Di samping mafaat yang dibawa, perumahan juga berpotensi menimbulkan dampak-dampak negatif. Apakah dampak negatif ini berlaku kepada masyarakat yang tinggal di dalamnya, maupun masyarakat yang tinggal di sekitarnya.
Bagi masyarakat yang tinggal di dalam perumahan, kultur perumahan seringkali menjadikan masyarakat yang tinggal di dalamnya individualis. Sekat rumah berupa pagar yang tinggi membuat sebelahan rumah tidak saling kenal dan tegur sapa. Meningkatnya pembangunan perumahan juga membuka peluang orang kaya untuk memperbanyak aset atau menumpuk-numpuk harta, maka tidak asing kita mendengar ada orang kaya raya yang di setiap perumahan rumahnya ada, bukan Cuma satu bahkan beberapa. Budaya gotong royong dalam menjaga kebersihan dan keamanan seringkali menjadi tiada karena keberadaan tukang bersih-bersih dan Satpam. Perumahan juga berpotensi menimbulkan komplik antar masyarakat yang tinggal di dalamnya karena perumahan biasanya dihuni oleh masyarakat yang heterogen. Dan tidak jarang pula komplik terjadi antara masyarakat yang tinggal di dalam perumahan dan masyarakat yang tinggal di sekitarnya.
Masyarakat yang tinggal di sekitar tidak akan luput dari dampak negatif yang ditimbulkan perumahan. Kehadiran perumahan dan masyarakatnya biasanya membawa kebudayaan moderen yang akhirnya menghilangkan sedikit demi sedikit kebudayaan daerah. Pergaulan masyarakat juga akan terpengaruh dengan pergaulan dan gaya hidup masyarakat yang tinggal di perumahan. Generasi muda yang biasanya sibuk membantu orantua bisa terpengaruh dengan gaya hidup anak perumahan yang praktis dan santai-santai. Serta menularnya sifat individualis masyarakat perumahan kepada masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Penyalahgunaan bangunan juga rentan terjadi diperumahan, pagar tinggi akan menutup rapat aktivitas penghuninya sehingga membuka peluang terciptanya perselingkuhan, perzinahan dan bahkan pemakaian obat-obatan terlarang. Kondusifnya perumahan juga rentan memuluskan para pencuri dalam menjalankan aksinya.
Tentu saja meniadakan perumahan yang sudah menjamur kemana-mana adalah hal yang tidak mungkin. Lain daripada itu, perumahan nyatanya juga membawa banyak manfaat bagi masyarakat yang tinggal di dalamnya dan masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Maka mengkondisikan perumahan agar lebih banyak membawa manfaat dan minim dengan kemudharatan adalah jalan keluar yang bisa diperhitungkan.
Hal ini dapat dimulai dengan mengadakan peraturan oleh pemerintah untuk setiap perumahan. Peraturan tembok atau pagar rumah yang tidak boleh lebih dari satu setengah meter, memperketat perizinan tinggal di perumahan agar tidak terjadi penyalahgunaan, keaktifan Satpam perumahan dalam menjaga keamanan perumahan juga perlu ditingkatkan, karena seakan sudah menjadi rahasia umum bahwa Satpam kerjanya hanya mengeram di pos jaga. Menyediakan fasilitas ibadah yang memadai bagi masyarakat perumahan dan sekitarnya agar terjaga kondisi rohani. Menyediakan fasilitas olahraga untuk kegiatan olahraga bersama masyarakat perumahan dan masyarakat sekitar. Serta taman-taman bermain bagi anak-anak perumahan dan sekitar agar tercipta suasana rukun, nyaman dan aman. Mengadakan acara pada hari-hari besar dan hari-hari libur bagi masyarakat yang tinggal di perumahan dan masyarakat yang tinggal di sekitar perumahan juga bisa dijadikan ajang berbagi dan mengakrabkan. Tentunya tempat ibadah dan pasilitas olahraga yang disediakan dan acara-acara yang diadakan perumahan hendaknya mudah dijangkau dan diakses oleh masyarakat sekitar.
Maka peran pemerintah dalam hal ini cukup vital untuk menjadikan perumahan sebagai media kemajuan masyarakat. Pemerintah dapat mebuat peraturan-peraturan yang menguntungkan segala pihak dengan adanya perumahan. Selain pemerintah, masyarakat yang akan tinggal di perumahan juga berperan penting untuk merancang peraturan dan program kegiatan perumahan. Masyarakat di sekitar perumahan tentunya juga memiliki peranan untuk menjadikan perumahan yang ada di situ sebagai media yang membawa banyak kebaikan bukan malah sebaliknya.

Tidak ada kata tidak mungkin dalam menciptakan masyarakat yang sehat di setiap aspeknya. Karena kondisi yang sehat di setiap aspek kehidupan masyarakat akan menciptakan masyarakat yang hebat dan generasi yang hebat pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar