Rabu, 28 Januari 2015

ADAB MENUNTUT ILMU


ADAB MENUNTUT ILMU
Oleh: Takmir Masjid Darus salam GPW

Agar mendapatkan ilmu secara maksimal dan berkah dari ilmu yang didapat, maka ada beberapa adab yang harus diperhatikan para penuntut ilmu. Diantaranya;
  • Datang menuntut ilmu dengan jasmani dan rohani yang terpuji. Menjauhkan diri dari buruknya akhlak dan sifat. Karena ilmu adalah ibadah hati. Maka ilmu yang bermanfaat tidak akan didapat oleh orang yang hidup dengan akhlak dan sifat yang tercela.
  • Menghindari perkara-perkata yang tidak berkaitan dengan pelajaran atau mengganggu pelajaran. Tidak berbicara dengan teman sebelah ketika belajar, tidak melamun, tidak memikirkan perkara lain di luar pelajaran, tidak sibuk dengan barang bawaan dan lain sebagainya.
  • Mendatangi tempat belajar, ta’lim atau pengajian sebagaimana datangnya seorang pasien yang terkena penyakit parah ke dokter. Karena seorang pasien yang terkena penyakit parah pasti mendatangi dokter dengan penuh harap agar mendapatkan kesembuhan dan fokus dengan setiap apa yang disampaikan oleh sidokter. Untuk urusan dunia saja kita harus fokus, mengapa untuk dunia dan akhirat kita tidak?
  • Tidak menanyakan perkara yang memperkeruh kerukunan di tengah masyarakat. Karena hal ini akan mengganggu kosentrasi pengajar.
  • Hendaklah yang diambil adalah yang baik-baik saja. Karena seorang pengajar, guru, ustadz atau kiai adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Kemudian ketika semuanya benar maka fokuslah untuk mengambil yang terbaik dari rangkaian materi yang disampaikan. Karena umur kita tidak cukup untuk menguasai semua ilmu yang ada.

(Mukhtashor Minhajul Qoshidin. Ibnu Qudamah al Maqdisi:15)

Disari dari Kajian Rutin Selasa dan Sabtu ba’da Subuh Masjid Darus salam Km. 13 Perumahan Griya perwita Wisata Bersama Ustadz Ransi Mardi al indragiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar