Minggu, 25 Januari 2015

SECUIL TENTANG IMAM EMPAT MAZHAB

PENDIDIKAN SINGKAT IMAM EMPAT MAZHAB
Oleh: Ransi Mardi al indragiri

Imam Abu Hanifah : 80 H – 150 H
Guru : Atho’ bin Abi Rabah, Abu Ja’far As Shodiq, Nafi’ Maula Ibnu Umar dll. Ada yang mengetakan bahwa guru beliau mencapai 4000 ulama.
Murid : Abu Yusuf Al Qodhi, Muhammad bin Al Hasan As Syaibani, Abdullah Al Mubarok dll.
Proses pendidikan :  Imam Abu Hanifah lahir dan tumbuh ketika para sahabat Nabi SAW mendakwahkan Islam dengan penuh keikhlasan. Beliau mengambil ilmu dari murid sahabat yang terpercaya keilmuannya. Beliau adalah seorang pedagang kaya yang tidak lupa kewajiban menuntut dan berbagi ilmu.

Imam Malik bin Anas : 93 H – 179 H
Guru : Nafi’ Maula Ibnu Umar, Amir bin Abdullah bin Zubair, Ibnu Al Munkadir, Az Zuhri dll. Ada yang mengatakan bahwa guru beliau mencapai 1400 ulama.
Murid : Abu Hanifah, As Syafi’I, Muhammad bin Hasan As Syaibani, Abdullah bin Mubarok, Al Auza’I, Sufyan Atsauri dll.
Proses pendidikan : Imam Malik menuntut ilmu sejak kecil. Umur belasan tahun sudah banyak ilmu yang beliau kuasai dan ketika berumur 21 tahun beliau sudah menjadi mufti yang dimintai fatwa. Beliau juga berinfaq untuk penuntut ilmu hingga beliau menjual kayu rumahnya.


Imam As Syafi’I : 150 H – 204 H
Guru : Imam Malik bin Anas, Muhammad bin Hasan As Syaibani, Fudhail bi Iyadh, Said bin Laits dll.
Murid : Imam Ahmad bin Hambal, Al Buaiti, Al Hamidi, Ubaid dll.
Proses pendidikan : Imam As Syafi’I tumbuh dalam keadaan yatim dan dibesarkan di kampung Bani Muthollib. Umur tujuh tahun beliau sudah menghafal Al Qur’an, umur sepuluh tahun beliau sudah mmenghafal kitab Al Muwattho’ karangan Imam Malik, umur belasan tahun beliau telah dimintai fatwa dan menjadi rujukan para penimba ilmu dari seantero negri. Beliau rela bepergian ke Makkah, Madinah, Kuffah, Iraq, Bashrah dan Mesir dengan biaya sendiri untuk mencari dan berbagi ilmu.

Imam Ahmad bin Hambal : 164 H – 241 H
Guru : Imam As Syafi’I, Sufyan bin Uyainah, Waqi’ bin Jarrah, Abdurrazzaq, Ismail bin Ja’far dll.
Murid : Imam Al Bukhari, Imam Muslim, Abu Daud, Thirmizi, An Nasa’I, dll.

Proses pendidikan : Imam Ahmad belajar ilmu agama sejak kecil. Beliau hafal Al Qur’an ketika berumur 15 tahun dan sejak umur itu pula beliau mulai menghafal kitab-kitab hadits hingga beliau mampu menghapal satu  juta hadits.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar